Sifat Wajib Bagi Allah Qidam dan Sifat Mustahil Bagi Allah Hudus

20 sifat wajib allah 20 sifat mustahil allah lengkap dengan referensinya, penjelasannya, serta dalilnya.
Sifat Wajib Bagi Allah Qidam dan Sifat Mustahil Bagi Allah Hudus Lengkap dengan Referensi dan Penjelasannya.

Sifat Wajib Bagi Allah Qidam dan Sifat Mustahil Bagi Allah Hudus

Sifat qidam (dahulu) adalah wajib di dalam Dzat Allah. Artinya, bahwa Allah tidak ada permulaan bagi-Nya dan wujud Allah tidak didahului oleh sifat-Nya.
Dan lawan dari sifat qidam adalah yang baru artinya, wujud yang muncul karena belum (tidak) ada.
Dalil sifat qidam adalah metode untuk menertibkan dalam kaitannya mencari dalil atas tetapnya sifat tersebut bagi Allah. Apabila Allah tidak merupakan Dzat yang bersifat qidam, maka pasti Allah adalah Dzat yang baru. Karena, tidak mungkin ada tempat di antara yang dahulu dan yang baru. Jadi, keberadaan Allah yang baru adalah mustahil (tidak mungkin).
Jika Allah baru, maka sudah barang tentu membutuhkan Dzat pencipta (yang lain). Karena, setiap yang baru pasti ada yang menciptakan dan apabila keberadaan sesuatu yang baru itu berdiri sendiri, maka akan bertemu dua perkara yang tumpang tindih akan sifat kesamaan dan sifat keunggulannya.
Kebutuhan Allah kepada yang mencipta adalah tidak mungkin. Karena, apabila Allah membutuhkan sudah barang tentu yang menciptakan Allah itu pun membutuhkan kepada pencipta yang berada diatasnya. Jika demikian keadaannya, maka akan timbul adanya lingkaran berantai yang tiada putusnya, di mana keduanya adalah muhal (tidak mungkin). Kalau dipandang dari segi bahwa Allah wajib memiliki sifat qidam, maka mustahil Allah mempunyai sifat yang berlawanan dengannya, yaitu sifat baru.[1]

[1] Sumber dari Kitab Tijan As-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).


Untuk Penjelasan Lainnya mengenai Sifat Allah Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)

0 Response to "Sifat Wajib Bagi Allah Qidam dan Sifat Mustahil Bagi Allah Hudus"

Posting Komentar