Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Hayat dan Hayyan Beserta Artinya

Sifat Wajib Bagi Allah Hayat dan Hayan Beserta Artinya

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Hayat dan Hayyan Beserta Artinya

Hai sahabat semuanya disini saya akan berbagi informasi mengenai ilmu Aqidah Islam, salah satu sifat wajib bagi Allah Ta'ala yaitu Allah Maha Hidup (Hayat), mari kita simak informasinya dibawah ini:
Wajib bagi Allah Ta'ala mempunyai sifat Maha Hidup (hayat). Sifat ini yang membenarkan, bahwa Allah Ta'ala mempunyai sifat ilmu, qudrat, iradat, sama', bashar dan kalam.
Hidup di sini terdapat pada Dzat-Nya dan tidak disertai ruh (seperti mahluk). Lawan dari sifat ini adalah maut (mati). Rasa kantuk dan tidur tidak akan menyentuh Allah Ta'ala, begitu pula dengan kerusakan maupun kematian.
Adapun dalil atas ketetapan bahwa Allah Ta'ala wajib mempunyai sifat hayat adalah wujud alam semesta ini Jelasnya, apabila Allah Ta'ala tidak mempunyai sifat hayat, maka pasti Allah Ta'ala bersifat maut. Dan jika Allah Ta'ala mempunyai sifat tersebut, maka Allah Ta'ala tidak akan kuasa, tidak menghendaki dan tidak mengetahui. Sedangkan tidak adanya Allah Ta'ala, akan tetapi mempunyai sifat qudrat, iradat dan ilmu adalah muhal. Dan jika demikian, niscaya tidak akan wujud sesuatu dari alam semesta ini serta tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Sifat ini sama sekali tidak ada persambungannya. Hanya saja, sifat hayat (keberadaannya) merupakan syarat logis dalam menetapkan sifat-sifat ma'ani. Maksudnya, dari wujudnya sifat ini menjadi kepastian akan
wujudnya sifat-sifat Ma'ani. Dan dari tidak adanya sifat ini, maka akan menjadi kepastian tidak adanya sifat-sidat ma'uni.

Jika dipandang dari segi bahwa Allah Ta'ala wajib mempunyai sifat Hayat, maka mustahil bila Allah Ta'ala mempunyai lawan dari sifat tertebut, yaitu mati.[1]


[1] Sumber dari Kitab Tijan As-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).

Untuk Penjelasan Lainnya Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)

Tag : Allah Maha Hidup (Hayat), Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah Hayat (Allah Maha Hidup)

0 Response to "Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Hayat dan Hayyan Beserta Artinya"

Posting Komentar