Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Wahdaniyah Beserta Artinya

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Wahdaniyah Beserta Artinya

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Wahdaniyah Beserta Artinya

Wajib bagi Allah Ta'ala mempunyai sifat ”Wahdaniah” di dalam sifat, Dzat dan perbuatan (Af'al)-Nya. Adapun makna Wahdaniah dalam Dzat adalah bahwa Dzat Allah Ta'ala tidak tersusun dari bagian yang banyak, karena hal itu dapat dikatakan ”Kam muttashil” (susunan dari bilangan yang bersambung) di dalam Dzat-Nya.
Tidak akan ada Dzat yang serupa dengan Dzat Allah Ta'ala atau ”Kam munfashil” (susunan dari bilangan yang terpisah) di dalam Dzat. Akan tetapi, Esa di dalam Dzat memiliki arti; tidak adanya susunan dari beberapa bagian itu bukti (dalil) dari sifat mukhalafatu lil hawadisi sebagaimana uraian yang telah lalu.
Adapun arti dari sifat Wahdaniah di dalam Dzat adalah tidak adanya banyak sifat. Oleh karena itu, Allah Ta'ala tidak mempunyai dua sifat, baik sebutan ataupun makna. Jelasnya, bahwa Allah Ta'ala tidak memiliki dua sifat dan seterusnya dari jenis yang satu, seperti dua sifat Qudrat atau dua sifat Ilmu dan sebagainya.
Karena tidak terdapatnya bilangan didalam sifat, maka dikatakan ”Kam Muttashil” di dalam sifat-Nya. Dan tidak adanya perkara yang menyamai di dalam sifat, yaitu tidak adanya segala sifat bagi mahluk yang menyerupai pada sifat Allah Ta'ala dan sebaliknya, maka dikatakan ”Kam Munfashil” di dalam sifat-Nya.
Sedang makna Wahdaniah di dalam perbuatan (af'al) adalah, bahwa tidak ada satupun perbuatan mahluk yang sama dengan Allah Ta'ala. Oleh karena itu, hal tersebut dikatakan ”Kam Muttashil” di dalam perbuatan. Dan apabila dicontohkan dengan berbagai af'al, maka hal itu sangat jelas, Bahkan tidak sah (tidak mungkin) meniadakan sejumlah perbuatan, karena af'al Allah Ta'ala banyak sekali seperti; menciptakan mahluk, memberi rezeki, menghidupkan, mematikan dan lain sebagainya. Dan apabila dicontohkan dengan sekutu Allah Ta'ala, maka sekutu itupun akan tertolak oleh sifat Wahdaniah Allah Ta'ala dalam af ”al-Nya. Jadi, Allah Ta'ala adalah Esa di dalam menjadikan dan menciptakan yang tak pernah ada sebelumnya. Dia yang menciptakan mahluk dan segala perbuatan mereka sekaligus menentukan rezeki dan ajalnya. Ringkasnya, bahwa sifat Wahdaniah yang ada pada Dzat Allah Ta'ala (sifat dan af'al yang Esa) dapat menolak pada ”Kam” yang lima, yaitu:
  1. Kam muttashil di dalam Dzat, ialah tersusunnya Allah Ta'ala dari beberapa bagian. 
  2. Kam munfashil di dalam Dzat, ialah bilangan yang sekiranya terdapat tuhan kedua dan seterusnya. (Dua Kam, yakni point 1 dan 2 tertolak oleh sifat tunggal Dzat). ' 
  3. Kam muttashil di dalam sifat, ialah bilangan bagi sifat Allah Ta'ala dalam satu jenis, seperti sifat (hidrat dan sebagainya. 
  4. Kam munfashil di dalam sifat, ialah bila selain Allah Ta'ala mempunyai sifat yang menyerupai sifat Allah Ta'ala. Seperti bagi Zaid mempunyai sifat kuasa (derat), di mana dengan sifat ini ia bisa mewujudkan atau1 meniadakan sesuatu. Dan sifat-sifat yang lain seperti lradat dan ilmu. Ke dua ”Kam” inipun tertolak oleh sebab tunggalnya Allah Ta'ala di dalam sifat. 
  5. Kam munfashil dalam perbuatan, ialah apa yang dinisbatkan kepada selain Allah Ta'ala dengan jalan mencari dan memilih atau bekerja dan berusaha. Dan ”Kam” inipun tertolak oleh sifat tunggal Allah Ta'ala di dalam af'al.
Adapun lawannya adalah bilangan yang dalil sifat Wabdaniahnya berada di dalam Dzat tidak adanya bilangan yang bertemu dalam Dzat tersebut yaitu dalil sifat Mukhalafatu lil hawadisi yang telah diuraikan di atas.
Adapun dalil Wahdaniab di dalam sifat, di mana tidak adanya bilangan yang bertemu dengan sifat tersebut mustahil ditentukan oleh angan-angan maupun ucapan.
Sedangkan dalil Wahdaniyah dalam arti tidak adanya yang menyamai Allah Ta'ala di dalam Dzat dan sifat-Nya, ialah apabila keberadaan Allah Ta'ala itu berbilang, niscaya tidak akan pernah ada mahluk. Akan tetapi, tidak adanya mahluk juga batal karena telah terwujud kenyataan (keberadaan manusia saat ini). Karenanya, pernyataan yang mengatakan bahwa Allah Ta'ala itu berbilang adalah batal. Dan apabila berbilangnya Allah Ta'ala batal, maka jelaslah Allah Ta'ala bersifat tunggal.
Sudah dapat dipastikan bahwa banyaknya Tuhan akan mengakibatkan hancurnya alam ini (tidak mungkin terbentuk). Karena, adakalanya (keduanya) bersepakat dan adakalanya berselisih. Apabila keduanya bersepakat, maka tidak mungkin keduanya bisa mewujudkan alam ini secara bersamaan dan agar tidak terjadi perpaduan dua reaksi pada satu titik sasaran. Dan tidak pula dapat (keduanya) mewujudkan alam ini dengan cara bergantian, salah satunya lebih dahulu mewujudkan alam, kemudian disusul yang lainnya. Tidak mungkin keduanya bersekutu di dalam mewujudkan alam, dengan cara yang mendapat bagian setengah dan yang lain sebagian sisanya. Dengan diadakannya persekutuan, sudah tampak kelemahan masing-masing. Sebab, ketika salah satunya menggantungkan kekuasaan di dalam mewujudkan sebagian alam, maka akan menutup jalan Tuhan lain di dalam menggantungkan kekuasaannya untuk mewujudkan sebagian alam sisanya Tuhan yang lain pun tidak mampu menentangnya dan hal ini merupakan kelemahan. Inilah yang dinamakan dalil saling tolak-menolak, karena di dalamnya terdapat dua Tuhan yang saling bertentangan dalam melaksanakan satu pekerjaan.
Apabila keduanya bertentangan dengan cara salah satunya  ingin mewujudkan sesuatu dari alam, sedangkan yang lain tidak menginginkannya, maka tidaklah mungkin dapat tercapai kehendak keduanya. Sebab, hal ini nantinya akan terjadi perpaduan antara dua Tuhan yang saling bertempur dan tidak mungkin keinginan mereka akan samasama terpenuhi, karena sudah jelas kelemahannya. Dan tidak mungkin yang satu dapat mencapai keinginannya, sedang yang lain tidak tercapai. Karena, pasti kelemahan Tuhan yang tidak tercapai maksudnya akan sama dengan yang lain, disebabkan adanya kesamaan di antara keduanya. Maka, dalil semacam ini dinamakan dengan dalil yang saling tarik-menarik, karena keduanya saling merintangi dan saling tentang-menentang. Adapun dalil sifat Wahdaniah di dalam af'al karena tidak adanya "Kam muttashil” di dalamnya (tidak adanya persekutuan Tuhan yang lain dalam perbuatan dengan Allah Ta'ala), maka hal ini termasuk pula di dalam uraian yang telah tersebut pada dalil yang saling tolak-menolak.
Sedangkan dalil sifat Wahdaniah di dalam af'al karena tidak adanya  ”Kam munfashil” di dalam (bahwasanya selain Allah Ta'ala mempunyai kesan pada perbuatan dan semua yang dilakukan oleh dirinya sendiri), maka dapat ditebak, bahwa kesan tersebut adalah memang watak yang dimiliki oleh selain Allah Ta'ala.
Sudah barang tentu hal tersebut memberi tidak membutuhkan Allah Ta'ala. Mengapa tidak dibutuhkan, sedangkan Allah Ta'ala selalu dibutuhkan oleh mahluknya?
Apabila anda mengira bahwa pada apa yang dapat memberi kesan itu di sebabkan adanya kekuatan yang dijadikan oleh Allah Ta'ala di dalamnya (seperti dugaan kebanyakan orang mukmin yang masih awam), maka mereka akan meyakinkan beberapa sebab yang bersifat kebiasaan itu dapat memberi kesan dengan adanya kekuatan yang dijadikan Allah Ta'ala di dalam sebab itu. Apabila Allah Ta'ala mencabutnya, maka sebab-sebab tersebut tidak akan memberi kesan apa-apa. Seperti pemahaman orang awam, bahwasanya makan dapat memberi kesan (wujudnya) kenyang, minum dapat memberi kesan segar, api dapat memberi kesan terbakar, pisau dapat memberi kesan dalam memotong dengan sebab kekuatan yang dijadikan oleh Allah Ta'ala di dalam semuanya itu, maka prasangka awam ini pun batal juga. Dengan demikian, Allah Ta'ala di dalam mewujudkan perbuatan akan membutuhkan perantara. Akan tetapi, keadaan yang sebenarnya, secara mutlak Allah Ta'ala tidak membutuhkan bantuan kepada siapapun. Namun, orang yang mempunyai keyakinan tersebut tidaklah menjadi kafir. Hanya saja, ia masuk dalam kategori orang yang fasik (keluar dan jalan yang haq serta kesalihan).
Yang mendekati keyakinan orang awam adalah kaum mu'tazilah. Mereka meyakini bahwa seorang hamba dapat berbuat untuk dirinya apa-apa yang sifatnya ikhtiari, yaitu dengan kekuatan yang dijadikan oleh Allah Ta'ala kepadanya.
Jadi, barangsiapa meyakinkan, bahwa sebab-sebab yang bersifat kebiasaan seperti; api, makanan, minuman, pisau dan lain-lain dapat memberi kesan kepada obyeknya seperti; kebakaran, kenyang, segar, putus, maka ia adalah kafir menurut Ijma' ulama. Atau meyakinkan kalau kesan yang diberikan itu disebabkan adanya kekuatan yang dijadikan Allah Ta'ala pada api, kenyang, segar, potongan dan lain-lain, maka di sini ada dua pendapat. Pendapat yang benar adalah dia tidak menjadi kafir, karena pengakuan mereka bahwa kekuasaan seorang hamba untuk menciptakan pekerjaan ini dari Allah Ta'ala. Hanya saja fasik dan termasuk dalam golongan ahli bid'ah.
Yang sama dengan keyakinan tersebut adalah pendapat orangorang Mu'tazilah. Mereka mengatakan, bahwa seorang hamba dapat berkehendak sendiri dengan kekuatan yang dijadikan Allah Ta'ala kepadanya.
Barangsiapa meyakini, bahwa yang memberi kesan adalah Allah Ta'ala dan Dia menjadikan sebab akibat yang saling menetapkan menurut akal. Sebagai suatu kepastian, maka begitu timbul sebab timbul pula akibat. Dengan kata lain, setiap ada reaksi pasti ada dampaknya dan yang mempunyai keyakinan seperti itu adalah bodoh.
Barangsiapa mempunyai keyakinan, bahwa yang memberi akibat adalah Allah Ta'ala. Hanya saja, antara sebab dan akibat saling menetapkan menurut kebiasaan (dari segi tidak adanya kepastian), maka orang yang mempunyai keyakinan seperti ini dinamakan mukmin yang selamat.
Jika sekiranya Allah Ta'ala wajib mempunyai sifat Wahdaniah, maka akan mustahil Allah Ta'ala mempunyai sifat banyak (lawan dari sifat Esa). Ketahuilah, bahwa pembahasan tentang sifat Wahdaniah adalah menupakan suatu pembahasan yang mulia dan indah. Karena itu, banyak sekali peringatan-peringatan didalam Al-Qu'an yang disini penulis tidak menyebutkannya. Adapun enam sifat yang diawali dari sifat Wujud dinamakan sifat "Nafsiah', karena sifat-sifat ini tidak menunjukkan makna yang melebihi keadaan dzat. Dan lima sifat sesudahnya dinamakan sifat "Salbiah" karena menunjukkan Nafinya hal-hal yang tidak sesuai dengan Allah Ta'ala.
Menurut pendapat yang lebih sahih, sifat salbiab tidak terbatas, karena sifat kurang itupun tidak ada batasnya semuanya dirahasiakan oleh Allah Ta'ala. Dan yang lima tersebut merupakan pokok, karena yang lainnya (tidak adanya isteri, anak dan pembantu bagi Allah Ta'ala) akan kembali kepada lima sifat tersebut.[1]


[1] Sumber dari Kitab Tijan As-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).

Untuk Penjelasan Lainnya Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)

Tag : Allah Maha Esa Wahdaniah - Sifat-Sifat Bagi Alla Wahdaniyah (Allah Maha Esa),

0 Response to "Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Allah Wahdaniyah Beserta Artinya"

Posting Komentar