Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Alllah 'Ilmu dan 'Aliman

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Alllah 'Ilmu dan 'Aliman

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Alllah 'Ilmu dan 'Aliman

Allah Maha Mengetahui ('Ilmu)

Wajib bagi Allah Ta'ala mempunyai sifat ilmu, yaitu sifat yang telah wujud dan terdahulu serta menetap pada Dzat Allah Ta'ala. Dengan sifat ilmu ini, Allah Ta'ala mengetahui hal-hal yang wajib, mungkin dan yang mustahil wujudnya dengan segala macam rincian yang terliput oleh-Nya.
Oleh karena itu, Allah Ta'ala secara rinci pula mengetahui sesuatu dan tidak berbatas, seperti kesempurnaan sifat-Nya mengatur nafas seluruh penghuni surga.
Adapun ta'alluqnya sifat ilmu hanya satu, yaitu hubungan dengan pelaksanaan yang terdahulu. Dengan demikian, Allah Ta'ala  mengetahui semua maklumat yang meliputi apa saja yang berlaku atau berjalan di muka bumi, sampai di atas langit. Dan sekecil apapun dari yang melata di muka bumi dan langit tidak akan terlepas dari pengetahuan-Nya. Bahkan Allah Ta'ala mengetahui seekor semut kecil hitam yang merayap di atas batu (hitam) dalam kegelapan malam dengan sifat ilmu-Nya. Allah Ta'ala senantiasa bersifat ilmu sejak dahulu dan kekal adanya (tanpa permulaan) serta bukan merupakan ilmu baru yang disifatkan pada-Nya dengan bertempat dan berpindah-pindah. Jadi, tidak ada batasnya segala apa yang di mengerti oleh Allah Ta'ala.
Sedangkan lawan dari sifat ilmu ialah (sifat) bodoh. Perlu dimengerti, bahwa ta'alluq (hubungan) sifat iradat mengikuti sifat ilmu hanya angan-angan dan tidak pada kenyataan. Karena, sifat iradat dan sifat ilmu samar sama terdahulu. Dengan kata lain, bahwa yang mengangan-angankan ta'alluq sifat ilmu, iradat dan qudrat yang dimiliki Allah Ta'ala hanyalah bersifat pelaksanaan yang mengikuti keduanya ta'alluq sifat ilmu dan iradat, Sedang pada ta'alluq sifat qudrat dibanding dengan keduanya ta'alluq sifat iradat dan ilmu, maka merupakan tuntutan pemikiran yang teraplikasi. Karena sesungguhnya ta'alluq (hubungan) sifat qudrat yang bersifat pelaksanaan adalah batu. Sedangkan ta'alluq sifat iradat dan ilmu adalah sama-sama qadim (terdahulu).
Adapun dalil ketetapan silat ilmu yang wajib bagi Allah Ta'ala adalah wujud alam semesta ini Jelasnya, bahwa apabila Allah Ta'ala tidak bersifat ilmu, sudah barang tentu Allah Ta'ala mempunyai sifat bodoh dan apabila Allah Ta'ala mempunyai sifat bodoh tersebut, maka pasti tidak mempunyai iradat. Juga apabila Allah Ta'ala tidak mempunyai kehendak, maka tidak akan wujud sesuatu dari alam semesta ini dan hal itu adalah muhal (mustahil) adanya. Karena, bukti wujudnya dapat di lihat dan dapat dinyatakan (saat ini).
Jika dipandang dari segi bahwa Allah Ta'ala wajib mempunyai sifat ilmu, maka mustahil Allah Ta'ala mempunyai sifat lawan dari sifat tersebut, yaitu bodoh.

Allah Maha Mengetahui (Kaunuhu Aliman) 

Wajib bagi Allah mempunyai sifat aliman, yaitu Allah Maha Mengetahui. Aliman adalah sifat yang kekal adanya dan tanpa permulaan serta berbeda dengan sifat ilmu. Akan tetapi, selalu menetap pada sifat ilmu itu sendiri dan merupakan (sesuatu yang bersifat) pemikiran. Maksudnya, sifat ini tidak ada kenyataannya di luar fikiran, namun terdapat pada diriNya sendiri dan berada dalam fikiran saja. 
Lawan dari sifat ini adalah Allah itu bodoh. Dalilnya adalah apa yang terdapat dalam (dalil) sifat ilmu yang telah kita uraikan di atas Bila anda menginginkan, dapat menelaah kembali pada babnya . 
Mengenai dalil tentang kewajiban yang Allah mempunyai sifat aliman ini ialah; bahwa ke-Maha Pengetahuan Allah itu berada dan selalu menetap pada lingkungan sifat ilmu yang melekat pada Allah SWT. Jika dipandang dari segi bahwa Allah wajib mempunyai sifat ini, akan mustahil bila Ia mempunyai sifat yang berlawanan dengan sifat ini.[1]

[1] Sumber dari Kitab Tijan Ad-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).

Untuk Penjelasan Lainnya Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)

Tag : Allah Maha Mengetahui Ilmu dan 'Aaliman, Sifat-sifat Wajib Bagi Allah SWT

0 Response to "Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Alllah 'Ilmu dan 'Aliman"

Posting Komentar