Sifat Wajib Bagi Allah Baqa dan Sifat Mustahil Bagi Allah Fana

20 sifat wajib allah 20 sifat mustahil allah lengkap dengan referensinya, penjelasannya, serta dalilnya.
Sifat Wajib Bagi Allah Baqa dan Sifat Mustahil Bagi Allah Fana Lengkap dengan Referensi dan Penjelasannya.

Sifat Wajib Bagi Allah Baqa dan Sifat Mustahil Bagi Allah Fana

Baqa adalah sifat yang wajib adanya di dalam Dzat Allah. Artinya, bahwa Allah tidak ada akhiran bagi-Nya dan sifat wujud Allah tidak akan bertemu dengan sifat ketidak beradaan-Nya.
Apabila Allah tidak wajib mempunyai sifat Baqa, maka kemungkinan adanya Allah akan rusak. Dan adanya kemungkinan tersebut tidak akan pernah terjadi. Karena, jika Allah rusak, maka pasti Allah bersifat mungkin dalam wujud-Nya. Namun, keberadaan Allah yang merupakan suatu kemungkinan itupun juga muhal. Karena, bila wujud Allah merupakan Suatu kemungkinan, maka sudah pasti Dzat Allah adalah baru. Dan keberadaan Allah merupakah hal yang baru, adalah muhal juga. Sebab, jika Allah merupakah hal yang baru, maka sudah barang tentu sifat qidam akan sirna daripada-Nya. Sedangkan sirnaaya sifat qidam daripada-Nya juga muhal, karena kuatnya dalil tentang sifat qidam yang wajib bagi Dzat Allah.
Jika dipandang dari segi, bahwa Allah wajib mempunyai sifat Baqa, maka mustahil bila Allah mempunyai sifat yang berlawanan dengan sifat Baqa, yaitu sifat rusak.[1]

[1] Sumber dari Kitab Tijan As-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).


Untuk Penjelasan Lainnya mengenai Sifat Allah Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)

0 Response to "Sifat Wajib Bagi Allah Baqa dan Sifat Mustahil Bagi Allah Fana"

Posting Komentar