Sifat Wajib Bagi Allah Wujud dan Sifat Mustahil Bagi Allah Adam

20 sifat wajib allah 20 sifat mustahil allah lengkap dengan referensinya, penjelasannya, serta dalilnya.

Sifat Wajib Bagi Allah Wujud dan Sifat Mustahil Bagi Allah Adam

Sifat wujud adalah salah satu sifat yang wajib bagi Allah Subhanallahu Wa Ta’ala sedangkan lawannya ialah Adam artinya tidak ada atau tidak terdapat bukti yang menunjukkan bahwa Allah Subhanallahu Wa Ta’ala itu ada dan sifat Adam mustahil bagi Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.
Wajibnya bagi Allah Subhanallahu Wa Ta’ala memiliki sifat wujud baik itu saat dahulu, sekarang ataupun masa yang akan datang (selamanya).
Wujud adalah sifat menurut Dzat-Nya maksudnya ialah sifat mengenai ketetapan yang mensifati (dengan wujud itu) untuk menunjukkan hakikat Dzat. Maka dari itulah seorang mukallaf cukup mengetahui Allah Subhanallahu Wa Ta’ala itu Dzat yang wujud disertai sifat yang tetap. Dan tidak diwajibkan baginya mengetahui bahwa wujud Allah Subhanallahu Wa Ta’ala itu merupakan hakikat Dzat-Nya atau selain Dzat Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. Karena untuk mengetahui hal tersebut diharuskan terlebih dahulu mendalami ilmu kalam.
Cara untuk membuktikan Sifat Wujud bagi Allah Subhanallahu Wa Ta’ala adalah anda mengatakan "Alam mulai dari arsy sampai bagian bumi yang paling dalam itu adalah perkara yang baru keberadaannya." Maksudnya ialah perkara perkara yang ada (tercipta) setelah tidak ada. Dan setiap perkara yang muncul (baru) itu tentu ada pencipta yang tetap wujudnya. Maka adanya alam semesta jelas itu ada yang menciptakannya.
Keberadaan sang pencipta diperoleh dari dalil sifat ke-Esaan serta dari segi ketetapan sifat wujud bagi Allah Subhanallahu Wa Ta’ala maka dari itulah mustagil bila Allah Subhanallahu Wa Ta’ala memiliki sifat yang berlawanan dari wujud yaitu adam.[1]
[1] Sumber dari Kitab Tijan As-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).


Untuk Penjelasan Lainnya mengenai Sifat Allah Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)

0 Response to "Sifat Wajib Bagi Allah Wujud dan Sifat Mustahil Bagi Allah Adam"

Posting Komentar