Garis Nasab Nabi Muhammad

Nasab Nabi Muhammad SAW, Nasab Rasulallah SAW, Salallahu Alaihi Wasalam 

Garis Nasab Nabi Muhammad

Garis Nasab Nabi Muhammad. Kewajiban bagi setiap orang, baik lakilaki maupun perempuan (mukallaf ) untuk mengetahui nasab Nabi muhammad SAW dari sisi ayah ataupun ibunya sampai pada sayyid Adnan. 
Adapun mengetahui nasab beliau setelah Sayyid Adnan adalah tidak diwajibkan. Bahkan Imam Malik menganggapnya makruh. 
Nasab beliau yang dari sisi ayah ialah sebagai berikut: 
Muhammad SAW putra laki-laki dari Abdullah bin Abdul Mutalib beliau pernah berkata di dalam syairnya yang berbentuk bahar thawil: 
"Generasi yang muncul di setiap kota menetapkan Kami memiliki keutamaan sebagai pemimpin dunia Ayah kami orang yang mulia lagi pemimpin mery'adi panutan sekalian penduduk dunia.” 
Abdullah adalah putra laki-laki dari Abdul Mutalib (namanya Amir atau Syaibatul Hamdi), putra laki-laki Hasyim ('Amrun atau Umar), putra laki-laki Abdul Manaf (Al Mughirah), putra laki-laki Abdul Manaf (Al Mughirah), putra laki-laki Qushayi (namanya Zaid atau Yazid), putra laki-laki Kilab (Hakim atau Al Mughirah atau Muhadzdzib), putra laki-laki Luayyi, putra laki-laki Ghalib, putra laki-laki Fuhrin, putra laki-laki Malik (yang panggilan akrabnya Abu Harits), putra laki-laki Nadlaf (yang namanya (Lais), putra laki-laki Kinanah (dia ini seorang Syaikh yang bagus perangainya, luhur derajatnya, menjadi tumpuan orang-orang Arab karena ilmu dan keutamaannya), putra laki-laki Khuzaimah, putra laki-laki Mudrikah (yang namanya Umar menurut pendapat yang sahih dan dari beliaulah tampak cahaya keNabian), putra laki-laki Ilyas (yang namanya Husain dan panggilan akrabnya Abu Umar. Dari dalam tulang rusuk beliaulah terdengar suara talbiah Nabi SAW sebagaimana talbiah yang diucapkan ketika-beribadat hajji), putra laki-laki Mudlar (yang namanya Amrun dan panggilan akrabnya Abu Ilyas), putra laki-laki Nizar (yang namanya Haladan), putra laki-laki Ma'ad. 
Ketika Allah Ta'ala memberi kekuasaan kepada Raja Buhtanashar hingga ia dapat menguasai Jazirah Arab. Kemudian Allah menyuruh Nabi Armiya, agar menaikkannya (ma'ad) di atas Buraq (kendaraan dari surga), agar tidak tertimpa musibah (penderitaan) dan penyiksaan dari kekejaman Raja Buhtanashar. 
Tidak lama kemudian, Nabi Armiya' membawanya (pindah) ke negeri Syam dan beliau pun hidup di tengah-tengah kaum Bani Israil. Kemudian beliau kembali ke negeri Arab setelah redanya fitnah, disebabkan raja Buhtanashar telah tiada. 
Ma ad adalah putra laki-laki Adnan. Menurut pendapat yang sahih, bahwa Adnan hidup dizaman Nabi Musa AS. Dan menurut kesepakatan para ulama, bahwa nasab beliau (Nabi Muhammad SAW) hanya sampai pada Adnan, oleh karena setelah itu sampai Nabi Adam AS tidak terdapat jalan (garis nasab) yang sahih dan dapat dinukil. Sedangkan pendapatpendapat yang ada sangat jauh perbedaannya. 
Adapun nasab beliau dari sisi Ibu ialah: Muhammad SAW putra laki-laki dari Aminah, putri Wahab, putra laki-laki Abdul Manaf, putra lakilaki, yaitu putra Kilab. 
Perlu diketahui, bahwa Abdul Manaf merupakan nasab beliau dari sisi ibu dan bukan Abdul Manaf kakek beliau dari nasab bapak. Namun Kilab adalah salah satu dari kakek beliau. Oleh karena itu, Siti Aminah bersama beliau. berkumpul (bertemu) nasabnya pada kakek, yaitu Kilab. Nasab beliau bersih dari pernikahan ]ahiliah. Beliau tiada terlahirkan, kecuali dengan nikah seperti halnya nikah Islam mulai zaman Nabi Adam hingga bapat dan ibu (beliau) melahirkannya. Dalam hal ini, sebagian ulama mengambil dalil dari sabda Nabi SAW
"Aku senantiasa dipindahkan dari tulang rusuk laki-Iakiyang suci ke dalam rahim wanita yang suci pula. " 
Garis Nasab Nabi Muhammad SAW, baik dari jalur ayah maupun ibunya sampai pada batas yang telah di tentukan di atas adalah suci (terbebas) dari segala sifat yang buruk. Dengan kata lain, mereka semua adalah termasuk golongan orang-orang yang terpilih (dipersiapkan).[1]


[1] Sumber dari Kitab Tijan Ad-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu)


My Keyword : nasab nabi muhammad, nasab rasulullah

0 Response to "Garis Nasab Nabi Muhammad"

Posting Komentar