Sifat Jaiz Bagi Allah Ta'ala Lengkap Dengan Referensi dan Penjelasannnya

Sifat Jaiz Bagi Allah Ta'ala Lengkap Dengan Referensi dan Penjelasannnya

Sifat Jaiz Bagi Allah Ta'ala

Sifat Jaiz Bagi Allah Ta'ala Adapun sifat kewenangan (jaiz) bagi Allah adalah menciptakan setiap yang mungkin wujudnya atau tidak menciptakannya. Yang disebut ”mungkin” ialah sesuatu yang bisa wujud dan pula bisa pula tidak wujud. Sekalipun berupa perkara yang jelek seperti; kufur atau maksiat, menciptakan mahluk, memberi rezeki, dan lain sebagainya. Hal tersebut termasuk dalam perkara yang baru, sebab diciptakan oleh Allah dan lahir dari sifat adil-Nya.
Dalilnya, apabila Allah itu wajib menciptakan sesuatu atau tidak menciptakan sesuatu, sudah barang tentu sifat kewenangan Allah akan menjadi wajib atau mustahil. Dan dalil ini telah disepakati atas kewenangan Allah dalam menciptakan hal-hal yang mungkin.
jadi, apabila Allah wajib menciptakan sesuatu yang mungkin, pastilah sifat kewenangan Allah akan berbalik menjadi wajib. Dan bila Allah terhalang untuk menciptakan sesuatu yang mungkin, maka jelas pula sifat kewenangan Allah akan menjadi mustahil. Sedangkan keterlibatan sifat kewenangan menjadi kewajiban atau kemustahilan adalah muhal. Begitu pula sesuatu yang menarik pada kejadian itu juga tidak benar, yakni wajibnya kemungkinan atau terhalangnya.
Oleh karena itu, menjadi jelas bahwa kewenangan adalah mencakup segala kemungkinan dan inilah yang dimaksud.
Dengan demikian, semuanya berjumlah empat puluh satu sifat yang berhubungan dengan Allah Ta'ala. Dua puluh merupakan sifat-sifat wajib dan dua puluh lagi merupakan sifat-sifat mustahil serta (yang satu) merupakan sifat kewenangan.
Sampai di sini, telah sempurna uraian dari bagian pertama yang merupakan kewajiban bagi setiap orang mukallaf (dewasa) untuk mengetahui sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz (kewenangan) bagi Allah.
Dengan kata lain (harus) mengetahui hal-hal yang ada hubungannya dengan masalah keTuhanan.[1]

[1] Sumber dari Kitab Tijan As-Darari (Ilmu Tauhid) diterjemahkan oleh Achmad Sunarto (Mutiara Ilmu).



Untuk Penjelasan Lainnya mengenai Sifat Allah Silahkan Kembali Ke Halaman Utama (Klik Disini)


Tag : Sifat Jaiz Bagi Allah Ta'ala - Sifat Jaiz Bagi Allah SWT dan Penjelasannya

0 Response to "Sifat Jaiz Bagi Allah Ta'ala Lengkap Dengan Referensi dan Penjelasannnya"

Posting Komentar