Pengertian Aqidah Islam

Pengertian Aqidah Islam Lengkap dengan Referensi dan Penjelasannya

Pengertian Aqidah Islam 

Dalam kamus al-Munawwir, secara etimologis, aqidah berakar dari kata   عَقَدَ يَعْقِدُ عَقِيْدَةً   berarti simpul, ikaatan, perjanjian yang kokoh. Setelah terbentuk menjadi aqidah berarti keyakinan. Relevansi antara rti kata عَقْدٌ dan عَقِيْدَةٌ adalah keyakinan itu tersimpul dengan kokoh dalam hati,bersifat mengikat dan mengandung perjanjian. Sedangkan menurut sumber lain, kata aqidah yang kini sudah menjadi bagian dari kosakata bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti "yang dipercayai hati", kata عَقِيْدَةٌ seakar dengan kata اَلْعَقْدُ yang bermakna menghubungkan menjadi satu dari semua ujung benda sehingga menyatu dan menjadi kuat yang sulit dibuka ikatan tersebut. Alasan digunakan kata aqidah untuk mengungkapkan makna kepercayaan atau keyakinan adalah karena kepercayaan merupakan pangkal dan sekaligus merupakan tujuan dari segala perbuatan mukallaf. Menurut Hasan al-Banna dalam kitab Majmu'ah ar-Rasa'il.

اَلْعَقَائِدُ هِيَ اْلأُمُوْرُ الَّتِيْ يَجِبُ أَنْ يُصَدِّقَ بِهَا قَلْبُكَ وَتَطْمَئِنَّ أِلَيْهَا نَفْسُكَ وَتَكُنَ يَقِيْنً عِنْدَكَ لاَيُمَازِجُهُ رَيْبٌ وَلاَيُخَالِطُهُ شَكٌّ
Artinya: "Aqa'id (bentuk jamak dari aqaidah) adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa,menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikit pun dengan keragu-raguan" (al-Banna, 1963, hal; 465).

اْلعَقِيْدَةُ هِيَ مَجْمُوْعَةٌ مِنَ قَضَايَتِ اْلحَقِّ اْلبَدِهِيَّتِ اْلمُسْلِمَةِ بِا اْلعَقْلِ وَالسَّمْعِ وَاْلفِطْرَةِ يَعْقِدُ عَلَيْهَا اْلاِنْسَانُ قَاْلبَهُ وَيُثَنِّى عَلَيْهَا صَدْرَهُ جَازِمًا بِصِحَّتِهَا قَاتِعًا بِوُجُوْدِهَا  
Artinya: "Aqidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum (aksioma) oleh manusia berdasarkan akal, wahyu dan fitrah. Kebenaran itu dipatrikan didalam hati serta diyakini kesahihan dan keberadaannya secara pasti". (al-Jazairy, 1978, hal;21). 

0 Response to "Pengertian Aqidah Islam"

Posting Komentar